Vitiligo

DEFINISI

Vitiligo adalah kondisi dimana kulit anda kehilangan melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut dan mata. Vitiligo terjadi ketika sel kulit yang menghasilkan melanin mati, menyebabkan bercak putih besar dengan bentuk yang tidak wajar pada kulit.

Vitiligo dapat terjadi pada siapapun, tetapi biasanya lebih umum terjadi pada mereka dengan kulit gelap. Vitiligo biasanya dimulai pada area kecil dimana pigmen kulit hilang lalu menyebar seiring dengan waktu.

 

GEJALA

Tanda umum vitiligo adalah:
•    Hilang pigmen yang menghasilkan bercak putih susu –depigmentasi- pada kulit anda

Tanda lainnya antara lain:
•    Pemutihan rambut yang prematur pada kepala, alis mata, bulu mata atau janggut
•    Hilang warna pada jaringan yang melapisi dinding mulut (membran lendir)
•    Hilang atau perubahan warna pada lapisan dalam mata (retina)

Meskipun bagian tubuh manapun dapat terkena vitiligo, depigmentasi biasanya terjadi pada area yang terkena sinar matahari, seperti tangan, kaki, lengan, wajah dan bibir. Meskipun dapat dimulai pada usia berapapun, vitiligo sering muncul pada usia antara 10 sampai 30 tahun. Vitiligo umumnya terjadi dengan salah satu dari tiga pola berikut:
•    Depigmentasi yang terbatas pada satu atau beberapa area tubuh
•    Hilang warna kulit pada satu sisi tubuh
•    Hilang pigmen kulit yang menyebar melintasi bagian tubuh manapun, sering secara simetris

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Vitiligo terjadi ketika melanin –pigmen gelap pada epidermis yang memberikan kulit warna yang normal- rusak atau tidak berproduksi. Kemudian akan terbantuk bercak putih. Penyebab pasti hal ini tidak diketahui.

Dokter dan ilmuan memiliki teori apa yang menyebabkan vitiligo. Mungkin adalah gangguan pada sistem imun. Keturunan dapat merupakan faktor penyebab peningkatan kasus vitiligo. Beberapa kondisi yang memicu adalah tekanan emosional dan terbakar matahari.

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi