Overactive bladder

DEFINISI

Jika anda merasa sering buang air kecil dan tidak dapat menahannya, mungkin anda mengalami masalah ginjal yang terlalu aktif. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman dalam aktifitas harian anda.

Ginjal yang terlalu aktif adalah masalah pada fungsi ginjal yang menyebabkan keinginan untuk buang air kecil yang mendesak. Keinginan ini dapat sulit untuk ditahan, dan ginjal yang terlalu aktif ini bahkan dapat menyebabkan pelepasan urin dengan tidak disengaja (incontinence).

Jika anda mengalami kondisi dimana ginjal terlalu aktif, anda dapat merasa malu, mengasingkan diri atau membatasi aktifitas dan keseharian anda. Berita baiknya adalah anda dapat menerima perawatan yang mengurangi gejalanya secara signifikan dan membantu anda mengatur dampaknya dalam keseharian anda.

 

GEJALA

Tanda dan gejala ginjal yang terlalu aktif antara lain:
•    Merasa ingin buang air kecil dengan segera
•    Mengalami pelepasan urin secara tidak sengaja
•    Sering buang air kecil, biasanya delapan kali atau lebih dalam 24 jam
•    Sering buang air kecil pada malam hari (nocturia)

 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Pengisian dan pembuangan pada ginjal anda adalah prosedur kompleks dari ginjal anda dimana fungsi ginjal, syaraf dan aktifitas otot memiliki peran. Masalah apapun di dalam sistem ini dapat berkontribusi menyebabkan ginjal terlalu aktif dan sering buang air kecil.

Gejala ginjal yang terlalu aktif  pada banyak kasus disebabkan otot ginjal berkontraksi secara tidak terkontrol. Kontraksi ini menyebabkan buang air kecil tidak dapat ditahan.

Pada banyak kasus dokter tidak dapat mengidentifikasi penyebab pasti ginjal yang terlalu aktif. Penyakit neurologis seperti Parkinson’s, stroke dan multiple sclerosis sering dihubungkan dengan kondisi ini.

Beberapa faktor dapat menyebabkan atau berkontribusi pada gejala yang serupa dengan ginjal yang terlalu aktif. Faktor-faktor tersebut antara lain:
•    Produksi urin yang tinggi, yang dapat terjadi pada kondisi kelebihan cairan di dalam tubuh, fungsi ginjal yang lemah atau diabetes.
•    Infeksi saluran urin akut yang dapat menyebabkan gejala sangat mirip dengan kondisi ginjal yang terlalu aktif.
•    Peradangan pada jaringan dekat saluran urin.
•    Ketidaknormalan pada ginjal, seperti tumor atau batu ginjal.
•    Faktor yang merusak aliran pembuangan ginjal –pembesaran prostat, konstipasi atau operasi yang berkaitan dengan ginjal.
•    Kelebihan konsumsi kafein atau alkohol.
•    Obat yang dapat menyebabkan produksi urin meningkat dengan cepat atau membutuhkan lebih banyak cairan pada saat penggunaannya.

Faktor risiko
Semakin bertambah usia anda, anda akan semakin pengalami peningkatan risiko ginjal yang terlalu aktif, dan anda juga lebih rentan mengalami penyakit atau gangguan yang dapat berkontribusi pada masalah dengan fungsi ginjal, seperti pembesaran prostat dan diabetes. Meskipun biasa terjadi pada mereka yang berusia lanjut, kondisi ini dapat terjadi pada usia berapapun.

Pencegahan
Gaya hidup sehat dapat mengurangi risiko ginjal yang terlalu aktif, antara lain berolahraga secara teratur, makan makanan kaya serat, dan membatasi konsumsi kafein dan alkohol.

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi