Kutil Kelamin

DEFINISI

Kutil kelamin, yang juga dikenal sebagai venereal warts atau condylomata acuminate, adalah salah satu dari penyakit menular seksual yang paling umum.

Seperti namanya, kutil kelamin berefek pada jaringan lembut pada area kelamin. Penyakit ini terlihat kecil, benjolan berwarna daging atau seperti brokoli pada permukaannya. Kutil kelamin dapat sangat kecil atau berjumlah banyak secara berkelompok.

Meskipun kutil kelamin dapat diobati dengan obat atau operasi, penyakit ini merupakan masalah serius. Virus yang menyebabkan kutil kelamin –human papillomavirus (HPV)- dihubungkan dengan kanker serviks. Virus ini juga berhubungan dengan jenis kanker kelamin lain.

GEJALA

Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh pada vulva, dinding vagina, area diantara alat kelamin dan dubur, dan serviks. Pada laki-laki, penyakit ini dapat terjadi pada ujung atau batang penis, kantung kemaluan atau dubur. Kutil kelamin juga dapat terjadi di mulut atau tenggorokan pada mereka yang melakukan oral seksual dengan seseorang yang terinfeksi virus ini.

Tanda dan gejala kutil kelamin antara lain:
•    Kecil, berwarna daging atau abu-abu yang membengkak pada area kelamin.
•    Beberapa kutil berkumpul dan terbentuk seperti brokoli.
•    Gatal atau rasa tidak nyaman pada area kelamin.
•    Pendarahan ketika berhubungan seksual.

Seringkali, kutil kelamin tanpa disertai gejala. Kutil ini sangat kecil dan rata serta tidak terlihat dengan mata telanjang. Terkadang dapat berlipatganda dalam jumlah yang besar.

Kehamilan kadang memicu infeksi yang tidak aktif, atau infeksi yang telah aktif dapat memburuk saat kehamilan.

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Seperti kutil yang terjadi pada bagian tubuh manapun, kutil kelamin disebabkan oleh virus -HPV- yang menginfeksi lapisan permukaan kulit. Ada lebih dari 100 jenis virus HPV, tetapi hanya beberapa yang dapat menyebabkan kutil kelamin. Virus tersebut dapat menyebar dengan cepat melalui kontak seksual dengan mereka yang terinfeksi.

Dua dari tiga orang yang melakukan hubungan seksual dengan mereka yang memiliki kutil kelamin juga terkena penyakit ini – biasanya dalam tiga bulan setelah melakukan kontak, tetapi terkadang sampai beberapa tahun.

Faktor risiko
Faktor risiko terinfeksi virus HPV antara lain:
·  Melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dengan banyak pasangan.
·  Memiliki penyakit menular seksual lain.
·  Memiliki pasangan seksual yang terinfeksi baik anda ketahui maupun tidak.
·  Aktif secara seksual pada usia muda.

Pencegahan
·  Menggunakan kondom saat berhubungan seksual.
·  Menghindari kontak seksual dengan mereka yang terinfeksi sampai penyakit tersebut terobati.
·  Pertimbangkan untuk melakukan vaksinasi. Dua vaksin –Gardasil dan Cervarix- membantu melawan virus HPV yang menyebabkan banyak kanker serviks.

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi