Endometriosis

DEFINISI

Endometriosis adalah kelainan pada sistem reproduksi wanita. Endometriosis adalah penyakit di mana jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Padahal, dalam keadaan normal endometrium hanya ditemukan pada lapisan rahim.  Bila seorang wanita tidak hamil, lapisan endometrium tumbuh dan kemudian meluruh setiap bulannya, hal ini disebut menstruasi.

Biasanya, endometriosis berkembang di dalam tubafalopi, ovarium atau rongga panggul.  Ketika jaringan endometrial ini berkembang di tempat yang tidak semestinya, jaringan ibi berkembang seperti halnya  siklus menstruasi: menebal, meluruh dan berdarah. Oleh sebab jaringan endometrial ini tidak memiliki jalan untuk keluar dari tubuh, maka akan terjebak dan menimbulkan peradangan dan pembengkakan pada jaringan di sekitarnya.

Darah yang terjebak ini dapat memicu terbentuknya kista, jaringan parut dan adhesions — jaringan abnormal  yang membalut organ menjadi menyatu. Proses ini dapat menimbulkan rasa sakit pada panggul, terutama saat siklus. Endometriosis juga menyebabkan masalah pada kesuburan.

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi