Ambeien / Wasir

DEFINISI

Hemoroid atau juga disebut ambeien adalah pembengkakan dan peradangan pembuluh darah di dalam anus dan bagian bawah rektum. Hemoroid mungkin hasil dari pengejanan ketika baung air besar atau dari meningkatnya tekanan pada pembuluh darah selama kehamilan. Hemoroid mungkin berlokasi di dalam rectum (hemoroid dalam), atau dapat berkembang di bawah kulit sekitar anus (hemoroid luar)

Hemoroid adalah penyakit umum. Pada usia 50, sekitar setengah dari orang dewasa harus berurusan dengan kegatalan, ketidaknyamanan dan pendarahan itu dapat menjadi sinyal dari hadirnya hemoroid.

Untungnya, tersedia beberapa pilihan efektif untuk mengobati hemoroid. Kebanyakan orang dapat terbebas dari gejala menggunakan pengobatan rumah dan gaya hidup yang berubah.

GEJALA

Tanda dan gejala dari hemoroid antara lain :
- Rasa sakit disertai pendarahan ketika buang air besar—penderita mungkin akan menyadari sedikit darah segar pada tisu toilet atau lubang kloset.
- Gatal atau iritasi pada wilayah dubur
- Rasa sakit atau tidak nyaman
- Pembengkakan disekitar anus
- Gumpalan di dekat anus, yang mana mungkin sensitive dan sakit
- Kebocoran kotoran

Gejala hemoroid biasanya tergantung pada lokasinya. Hemoroid internal berada di dalam rektum. Penderita biasanya tidak dapat melihat atau merasakan hemoroid ini, dan biasanya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman. Tetapai penekanan atau iritasi ketika buang air besar dapat merusak permukaan halus hemoroid dan menyebabkan berdarah.

Pada saat tertentu, penekanan dan mendorong hemoroid internal melewati pintu dubur. Ini diketahui sebagai penonjolan atu prolap hemoroid dapat menyebabkan rasa sakit dan iritasi. Hemoroid eksternal berada di bawah kulit sekitar anus. Ketika iritasi, hemoroid eksternal dapat gatal atau berdarah. Terkadang darah bisa berkumpul di hemoroid eksternal dan membentuk gumpalan (thrombus), menghasilkan sakit yang luar biasa, pembengkakan, dan peradangan.

 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Pembuluh darah di sekitar anus cenderung untuk meregangkan tekanan dan mungkin menonjol dan bengkak. Pembuluh darah yang bengkak—hemoroid—dapat berkembang dari meningkatnya tekanan di daerah bawah rectum. Faktor yang mungkin menyebabkan meningkatnya tekanan antara lain:
- pengejanan ketika baung air besar
- duduk untuk waktu yang lama di toilet
- diare kronis atau konstipasi
- Kegemukan (Obesitas)
- Kehamilan
- behubungan dengan anal

Juga memungkinkan untuk mewarisi kecenderungan untuk mengembangakan hemoroid. Hemoroid lebih mungkin didapat ketika penderita semakin tua karena sel-sel yang mendukung pembuluh darah di dalam rectum dan anus dapat melemah dan meregang

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi