Strabismus

DEFINISI

Strabismus disebut juga mata juling. Bola mata tidak sejajar dan melihat ke arah yang berbeda. Satu mata mungkin melihat lurus ke depan, akan tetapi mata lain melihat ke arah atas, bawah, kiri dan kanan. Strabismus adalah kondisi umum yang terjadi pada anak-anak. Sekitar 4 persen anak-anak memiliki strabismus. Strabismus dapat menurun pada keluarga.

GEJALA

Strabismus memiliki gejala yang paling jelas terlihat adalah kedua bola mata tidak sejajar.

 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab pasti strabismus tidak sepenuhnya dimengerti. Pada satu sisi bola mata terdiri enam otot mata yang mengatur gerakan bola mata. Dua otot untuk bergerak ke kiri dan ke kanan. Empat otot mata lain mengatur pergerakan bola mata ke atas dan ke bawah. Untuk membuat kedua mata terfokus pada satu titik semua otot mata harus bergerak seimbang dan bekerja secara bersamaan. 

Strabismus secara khusus terjadi pada anak-anak sebagai efek dari penyakit lain, seperti cerebral palsy, Down syndrome, hydrocephalus dan tumor otak. Katarak dan kasus menurunnya penglihatan lainnya juga dapat menyebabkan strabismus.

Pencegahan
Sangat direkomendasikan bagi anda yang memiliki anak untuk memeriksakan mata anak anda ke dokter spesialis mata saat atau sebelum umur empat tahun. Jika anda memiliki anggota keluarga lain dengan kasus strabismus atau amblyopia maka anda sebaiknya memeriksakan kondisi mata anak anda

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi