Mumps

DEFINISI

Mumps adalah infeksi virus yang berefek pada kelenjar parotid –satu dari tiga pasang kelenjar ludah, yang terletak di atas dan di depan telinga. Jika anda atau anak anda mengalami mumps, hal ini dapat menyebabkan pembangkakan pada satu atau kedua kelenjar parotid.

Komplikasi mumps adalah potensial serius, tetapi jarang. Mumps adalah hal yang biasa sampai vaksin penyakit ini ditemukan pada tahun 1960an. Sejak itu kasus dari penyakit mumps ini menurun secara drastis.

 

GEJALA

Lebih dari 1 dari 5 mereka yang terinfeksi virus mumps tidak memiliki tanda atau gejala. Ketika tanda atau gejala berkembang, mereka biasanya terlihat dalam dua sampai tiga minggu setelah terkena virus dan dapat berupa:
•    Pembengkakan dan rasa nyeri pada kelenjar ludah di satu atau kedua sisi wajah
•    Sakit saat mengunyah atau menelan
•    Demam
•    Lemah dan lelah

 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Penyebab mumps adalah virus, yang menyebar dengan mudah antar manusia melalui liur yang terinfeksi. Jika anda tidak kebal, anda dapat terkena mumps melalui titik uap air liur dari mereka yang terinfeksi dengan hanya ketika mereka bersin atau batuk. Anda juga dapat terkena mumps dari berbagi perlengkapan atau cangkir dengan mereka yang memiliki mumps. Mumps menular sama halnya seperti penyakit flu.

Pencegahan
Anda mungkin akan kebal terhadap mumps jika sebelumnya anda terinfeksi atau jika anda diimunisasi anti mumps. Vaksin mumps biasanya diberikan dengan suntikan kombinasi measles-mumps-rubella (MMR)

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi