Hearing loss

DEFINISI

Hilang pendengaran secara bertahap umumnya terjadi karena usia (presbycusis). Dokter percaya bahwa faktor keturunan dan paparan polusi suara yang kronis adalah faktor yang berkontribusi membuat hilangnya pendengaran. Faktor lain, seperti penyumbatan kotoran telinga, dapat menghalangi telinga anda mendengar suara dengan jelas.

Anda tidak dapat mengembalikan hilangnya pendengaran yang telah terjadi. Bagaimanapun, anda tidak hidup dalam dunia yang sepi. Anda dan dokter anda atau dokter spesialis telinga dapat mengambil langkah untuk memperbaiki pendengaran anda.

 

GEJALA

Tanda dan gejala hilangnya pendengaran antara lain :
•    Menurunnya kualitas suara yang anda dengar
•    Sulit mengerti kata-kata, khususnya pada pembicaraan saat suasana ramai atau dengan latar belakang suara yang berisik
•    Sering meminta orang lain berbicara dengan lebih lambat, jelas dank eras
•    Menaikan volume suara pada saat menonton televise atau mendengar radio
•    Menarik diri dari pembicaraan
•    Menghindari beberapa keadaan interaksi sosial

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

- Bagaimana anda mendengar

Mendengar terjadi ketika gelombang suara mencapai struktur di dalam telinga, dimana gelombang vibrasi suara diubah menuju syaraf yang otak anda terima sebagai suara.

Telinga terdiri dari tiga area: telinga bagian luar, telinga bagian tengah dan telinga bagian dalam. Gelombang suara masuk ke telinga bagian luar dan menyebabkan getaran pada gendang telinga. Gendang telinga dan tiga tulang kecil pada telinga tengah - hammer, anvil dan stirrup – memperkuat getaran yang dihantarkan menuju telinga bagian dalam. Disana, getaran melewati cairan di dalam cochlea, struktur yang menyerupai rumah siput di telinga bagian dalam.

Sel syaraf di dalam cochlea adalah ribuan rambut kecil yang membantu mengubah getaran suara menjadi sinyal elektrik yang dihantarkan ke otak anda. Getaran dari suara yang berbeda memberikan efek yang berbeda pula pada rambut kecil ini, karena sel syaraf mengirim sinyal yang berbeda menuju otak. Itulah bagaimana anda membedakan satu suara dengan suara yang lain.

- Apa yang menyebabkan hilangnya pendengaran?

Pada beberapa orang, hilangnya pendengaran adalah hasil dari terbentuknya kotoran telinga secara bertahap., yang menyumbat saluran telinga dan mencegah aliran gelombang suara. Penyumbatan kotoran telinga ini menyebabkan pendengaran hilang pada orang di usia berapapun.

Pada banyak kasus, hilangnya pendengaran merupakan hasil dari kerusakan telinga bagian dalam. Usia dan terkena polusi suara dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada rambut atau sel syaraf di dalam cochlea yang mengirim sinyal suara menuju otak. Ketika rambut atau sel syaraf ini rusak atau hilang, sinyal elektrik tidak terhantarkan secara efisien, kemudian hilang pendengaran terjadi. Bunyi suara dengan nada yang lebih tinggi mungkin akan menjadi redam bagi anda. Ini dapat menjadi sulit untuk anda untuk menerima kata-kata ditengah suara latar yang berisik. Faktor keturunan dapat membuat anda memiliki kecenderungan perubahan ini.

Infeksi telinga dan pertumbuhan tulang di dalam telinga yang tidak normal atau tumor di telinag bagian luar atau telinga bagian dalam dapat menyebabkan hilangnya pendengaran. Pecahnya gendang telinga juga dapat menyebabkan hilangnya pendengaran.

   
Faktor risiko       
Faktor kerusakan atau hilangnya rambut dan sel syaraf pada telinag bagian dalam antara lain:
•    Usia. Terkena suara yang bising sepanjang tahun selama hidup anda dapat merusak sel pada telinga dalam anda.
•    Keturunan. Susunan genetik anda dapat membuat anda lebih rentan mengalami kerusakan telinga.
•    Pekerjaan. Pekerjaan dimana suara keras adalah bagian dari lingkungan pekerjaan, seperti pekerja konstruksi atau pekerja pabrik, dapat membuat kerusakan di dalam telinga anda.
•    Rekreasi suara. Terkena suara ledakan, seperti dari senjata api dan kembang api, dapat menyebabkan dengan segera, hilangnya pendengaran secara permanen. Aktivitas rekreasi dengan suara keras yang berbahaya antara lain mengendarai motor berknalpot bising atau mendengarkan musik bervolume suara keras. Pemutar musik personal seperti MP3 player dapat menyebabkan hilangnya suara jika anda meyetel volume dengan keras dan cukup untuk menutup suara keras lain, seperti alat pemotong rumput.
•    Beberapa obat-obatan. Obat-obatan seperti antibiotik gentamicin dan obat kemoterapi tertentu dapat merusak telinga bagian dalam. Efek sementara pada pendengaran anda – berdengung pada telinga (tinnitus) atau hilang pendengaran – dapat terjadi jika anda menggunakan aspirin dengan dosis yang sangat tinggi atau obat nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), obat anti malaria atau loop diuretics.
•    Beberapa penyakit. Beberapa penyakit yang membuat demam tinggi, seperti meningitis, dapat merusak cochlea.

Pencegahan
Penerapan langkah-langkah pencegahan hilangnya pendengaran secara konsisten dapat menolong anda mencegah hilangnya pendengaran dan menghindari memburuknya pendengaran karena usia.

•    Lindungi telinga anda saat berada di tempat kerja. Sarung tangan bulu yang didesain secara khusus mirip dengan earphone dapat melindungi telinga anda dengan meredam suara yang sangat keras menjadi suara dengan tingkat yang diperbolehkan.

•    Lakukan tes telinga. Pertimbangkan untuk melakukan tes pada telinga anda apabila anda bekerja pada tempat dengan lingkungan yang berisik. Tes rutin pada telinga anda dapat mengetahui secara dini kondisi hilangnya pendengaran.

•    Hindari risiko. Aktivitas seperti mengendarai mobil salju, berburu dan mendengar musik yang keras untuk waktu yang panjang dapat merusak telinga anda. Memakai pelindung pendengaran atau beristirahat dari kebisingan dapat melindungi telinga anda. Turunkan volume ketika mendengar musik dapat membantu mengindari kerusakan pendengaran anda.

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi