Merkel Cell Carcinoma

DEFINISI

Merkel cell carcinoma adalah jenis kanker kulit langka yang biasanya berupa bintil berwarna merah atau seperti daging, sering terdapat wajah, kepala atau leher. Merkel cell carcinoma paling sering terjadi pada orang yang berusia lanjut.

Merkel cell carcinoma cenderung cepat berkembang dan menyebar ke bagian tubuh lain. Jadi pengobatan secara dini sangat penting untuk mencegahnya manjadi semakin memburuk. 

GEJALA

Gejala awal merkel cell carcinoma biasanya adalah tumbuhnya tumor (bintil) pada kulit. Bintil ini dapat berwarna seperti kulit, merah, biru ataupun ungu. Umunya merkel cell carcinoma tumbuh di wajah, kepala atau leher. Tetapi sebenarnya kanker ini dapat tumbuh di bagian tubuh manapun.

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Sel merkel ditemukan di dasar epidermis. Sel merkel mungkin juga berhubungan dengan sensor perasa ketika menyentuh.
Tidak jelas apa yang menyebabkan merkel cell carcinoma berkembang. Sebuah teori meyakini bahwa merkel cell carcinoma terjadi karena sel merkel itu sendiri. Atau mungkin sel kulit tertentu yang menjadi bersifat kanker.

Ilmuan menemukan beberapa penyimpangan genetik di sel dengan merkel cell carcinoma. Bagaimanapun tidak diketahui bagaimana perubahan genetik sel menjadi kanker ini terjadi.

Faktor risiko
Beberapa faktor yang meningkatkan risiko kanker merkel cell carcinoma pada laki-laki antara lain :

•    Terkena sinar matahari
•    Memiliki sistim imun yang lemah
•    Pernah mengalami kanker jenis lain
•    Berusia di atas 70 tahun

Merkel cell carcinoma tidak dapat dicegah, akan tetapi anda dapat mengurangi risiko dengan membatasi diri terhadap terpaan sinar matahari

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi