HPVs

DEFINISI

HPV atau human papillomaviruses terdiri lebih dari 100 jenis virus dan banyak di antaranya berpotensi menyebabkan pertumbuhan tidak normal pada area tubuh tertentu. Seperti alat kelamin, tangan, kaki, mulut dan sistem pernapasan atas. Beberapa jenis infeksi HPV dapat menyebabkan kanker seperti kanker serviks.

GEJALA

Infeksi HPV sering kali tidak terdeteksi saat tidak menimbulkan kutil atau luka lain. Bahkan ketika anda tidak mengalami gejala atau tanda-tanda infeksi yang tampak, HPV dapat muncul di kemudian hari dan anda mungkin telah menularkannya pada seseorang.

Tanda dan gejala infeksi HPV antara lain :

•    Kutil pada alat kelamin. Kutil ini tidak berbahaya dan cenderung rata, benjolan kecil seperi bunga kol atau menonjol keluar. Infeksi HPV tipe 6 dan 11 menyebabkan banyak kutil pada alat kelamin. Tipe HPV ini tidak terkait dengan kanker.

•    Pre-malignant genital lesions. Infeksi HPV tertentu dapat menyebabkan perubahan sel yang menghasilkan luka pra kanker. Ketidaknormalan ini sering diketahui dengan Pap test.

•    Luka pada mulut dan pernapasan atas. Beberapa infeksi HPV dapat menyebabkan kutil dan luka lain pada lidah, amandel, langit-langit mulut, pangkal tenggorokan maupun hidung. Luka ini disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11 untuk tingkat ringan atau tipe 16 dan 18 untuk yang berat.

•    Kanker serviks dan tumor lain. Banyak infeksi HPV pada alat kelamin tidak berkembang menjadi kanker. Tetapi infeksi yang parah dapat berisiko tinggi terbentuk kanker. Infeksi HPV tipe 16 dan 18 juga dapat berkontribusi pada kanker pada alat kelamin, dubur, mulut dan saluran pernapasan atas.

•    Kutil biasa. Kutil ini tidak berbahaya adn tumbuh pada kulit yang biasanya terjadi di tangan, jari atau sekitar kuku tangan. Kutil ini kasar dan berupa benjolan yang timbul.

•    Kutil plantar. Kutil ini keras, berupa butiran, tidak berbahaya dan biasanya terdapat di area tumit. Kutil ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa sakit.

•    Flat warts. Flat warts memiliki ujung yang rata, sedikit timbul, luka yang tidak berbahaya lebih gelap dari pada warna kulit disekitarnya. Kutil ini biasanya ada di wajah, leher, tangan, pergelangan, siku atau lutut.

 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Infeksi HPV terjadi ketika virus masuk ke dalam tubuh melalui luka terpotong, lecer atau luka lain yang tidak terlihat. Perpindahan virus ini umumnya melalui kontak kulit.

Infeksi HPV yang terkait dengan kutil pada alat kelamin menular melalui hubungan seksual,  seks anal dan kontak dengan alat kelamin dalam bentuk lain.  Beberapa infeksi HPV terjadi di mulut atau organ pernapasan atas yang disebabkan melalui seks oral.

Faktor risiko
Faktor risiko infeksi HPV pada alat kelamin antara lain:
•    Memiliki banyak pasangan seksual.
•    Usia muda.
•    Memiliki sistem imun yang lemah

Pencegahan
- Kutil pada alat kelamin dan luka lain yang terkait
Anda dapat mengurangi risiko terbentuknya kutil pada alat kelamin dengan:
•    Berhubungan seksual hanya dengan satu pasangan
•    Menggunakan kondom, yang akan mencegah penularan beberapa jenis HPV, tetapi tidak semua jenis HPV.
•    Mengambil vaksinasi Gardasil dan Cervarix.

- Kutil biasa
Sulit untuk mencegah infeksi HPV yang menyebabkan kutil jenis ini. Jika anda memiliki kutil, sebaiknya anda mencegah penyebaran infeksi terjadinya kutil baru dengan tidak menggaruk atau melukai.

- Kutil plantar
Anda dapat mengurangi risiko terkena infeksi HPV yang menyebabkan kutil plantar dengan menjaga kebersihan kaki dan menjaganya agar tetap kering ketika memakai sepatu.

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi