Anaphylaxis

DEFINISI

Anaphylaxis adalah reaksi alergi parah yang berpotensi mengancam jiwa. Ini dapat terjadi dalam beberapa detik atau menit saat terkena sesuatu yang anda memiliki alergi terhadapnya, seperti racun dari tawon atau kacang.

Cairan kimia yang dilepaskan sistem imun anda saat anaphylaxis dapat menyebabkan tubuh anda terkejut; tekanan darah turun secara tiba-tiba dan jalan napas menyempit, menyumbat pernapasan.  Tanda dan gejala anaphylaxis antara lain denyut yang cepat dan lemah, ruam kulit, dan mual serta muntah. Penyebab umumnya adalah makanan, beberapa obat, racun serangga dan lateks.

Anaphylaxis membutuhkan pertolongan medis secara cepat dan suntikan epinephrine. Jika anaphylaxis tidak diobati dengan cepat, hal ini dapat menyebabkan pingsan atau bahkan kematian.

GEJALA

Reaksi anaphylaxis paling sering terjadi pada mereka yang rentan terhadap sengatan serangga, makan sesuatu yang menimbulkan alergi bagi mereka atau menggunakan obat tertentu. Bahkan jika anda hanya mengalami reaksi alergi ringan pada masa lali, anda tetap berisiko mengalami anaphylaxis.

Gejala anaphylaxis biasanya terjadi hanya dalam beberapa menit setelah terkena alergen. Pada kasus yang langka, anaphylaxis terjadi lebih dari setengah jam setelah terkena alergen. Gejala anaphylaxis antara lain:
•    Reaksi kulit antara lain gatal dengan bintik merah dan rasa gatal, kulit pucat atau kemerahan
•    Menutupnya jalan napas dan bengkak pada lidah atau tenggorokan yang dapat menyebabkan sesak napas
•    Denyut nadi lemah dan cepat
•    Mual, muntah atau diare
•    Pusing atau pingsan

 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Sistem imun anda memproduksi antibodi untuk mempertahankan diri dari zat asing. Tetapi pada beberapa orang sistem imun yang dimilikinya bereaksi secara berlebihan terhadap zat yang tidak menyebabkan alergi. Ketika hal ini terjadi, sistem imun menghentikan reaksi rantai kimia sehingga menimbulkan gejala alergi. Secara umum kasus gejala alergi tidak mengancam jiwa, tetapi beberapa di antara mereka yang memiliki reaksi alergi parah dapat terjadi anaphylaxis.

Beberapa alergen yang dapat memicu anaphylaxis, ini berdasarkan pada apa anda memiliki alergi.
Secara umum pemicu anaphylaxis antara lain:
•    Obat tertentu, khususnya penicillin
•    Makanan seperti kacang, kacang pohon, ikan, kerang, susu dan telur
•    Sengatan serangga seperti tawon, lebah dan semut api

Penyebab lain anaphylaxis antara lain:
•    Lateks
•    Pereda otot yang digunakan secara umum pada anesthesia
•    Olahraga

Pemicu anaphylaxis karena olahraga berbeda pada setiap orang. Pada beberapa orang, aktifitas aerobic seperti jogging dapat memicu anaphylaxis. Bagi yang lain aktifitas fisik ringan dapat memicu anaphylaxis.

Faktor risiko
Anaphylaxis bukanlah sesuatu yang umum meskipun siapapun memiliki risiko mengalami reaksi anaphylaxis. Jika ada pernah memiliki alergi atau asma –khususnya jika anda memiliki reaksi alergi serius atau reaksi anaphylaxis sebelumnya. Di masa yang akan datang reaksinya dapat lebih para dari pertama kali. Jadi jika anda pernah mengalami reaksi alergi di masa lalu katakanlah pada dokter anda.

Pencegahan
Cara terbaik untuk mencegah anaphylaxis adalah menghindari zat yang anda ketahui bahwa anda memiliki reaksi berbahaya terhadapnya. Ikuti langkah berikut:
•    Mengenakan kalung atau gelang peringatan medis untuk mengindikasi jika anda alergi terhadap obat atau zat tertentu
•    Katakan pada dokter anda mengenai semua hal yang menyebabkan anda alergi
•    Simpan dengan benar obat pertolongan darurat sehingga selalu tersedia setiap waktu
•    Jika anda alergi terhada gigitan serangga, berhati-hatilah terhadap serangga tersebut. Pakai celana panjang dan baju berlengan panjang. Hindari warna terang dan jangan menggunakan pewangi. Tetap tenang jika anda terancam tersengat serangga. Bergerak secara perlahan dan jangan menepuk serangga
•    Hindari menggunakan sandal saat berjalan di rumput jika anda alergi terhadap sengatan serangga
•    Jika anda alergi terhadap makanan tertentu, selalu baca label kemasan makanan yang anda beli. Jika anda membeli makanan pada foodcourt, tanyakan apakah makanan yang anda pilih mengandung zat yang anda harus hindari. Tetaplah waspada karena meskipun dalam jumlah yang kecil dapat menyebabkan reaksi alergi yang serius

 

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi