Breast Infection (Mastitis)

DEFINISI

Mastitis adalah infeksi pada jaringan payudara yang menghasilkan rasa sakit pada payudara, pembengkakan, rasa panas dan kemerahan pada payudara. Jika anda memiliki mastitis, anda mungkin akan mengalami demam dan menggigil. Mastitis paling umum terjadi pada wanita yang sedang menyusui (lactation mastitis), meskipun pada keadaan yang langka kondisi ini dapat terjadi diluar masa menyusui.

Pada banyak kasus, lactation mastitis terjadi saat tiga bulan pertama setelah melahirkan, tapi ini terjadi setelah menyusui. Kondisi ini dapat membuat anda merasa kepayahan dan lelah, membuatnya sulit untuk menjaga anak anda. Ketika anda mengalami mastitis anda dapa melanjutkan menyusui anak anda.

GEJALA

Tanda dan gejala mastitis dapat tejadi secara tiba-tiba, antara lain:
•    Perih pada payudara atau rasa panas ketika disentuh
•    Rasa tidak enak badan
•    Pembengkakan pada payudara
•    Sakit atau sensasi seperti terbakar yang terus berlanjut atau ketika sedang menyusui
•    Kemerahan pada kulit, sering kali dengan pola yang terbatas
•    Demam 38,3 Celsius atau lebih

Meskipun mastitis biasanya terjadi pada beberapa minggu di awal masa menyusui, ini dapat terjadi kapan saja selama masa menyusui. Lactation mastitis cenderung berefek hanya pada satu payudara dan tidak keduanya.

 

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab
Mastitis terjadi ketika bakteri masuk ke dalam payudara anda melalui luka pada kulit puting susu atau masuk melalui lubang susu dari puting susu. Bakteri dari permukaan kulit dan mulut bayi yang masuk dapat berkembang biak _ menyebabkan sakit, kemerahan dan pembengkakan pada payudara sebagai tahap lanjut infeksi.

Faktor risiko
Beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko mastitis antara lain :
•    Luka atau kerusakan pada puting susu, meskipun mastitis dapat terjadi tanpa kulit yang rusak
•    Mastitis yang pernah terjadi sebelumnya ketika menyusui – jika anda memiliki pengalaman mastitis di masa lalu, anda lebih mungkin untuk mengalaminya lagi
•    Menggunakan satu posisi untuk menyusui, yang mungkin tidak tepat untuk menyusui
•    Menggunakan bra yang ketat, yang dapat membatasi aliran susu

Pencegahan
Untuk dapat memulai menyusui dengan baik – dan untuk menghindari komplikasi seperti mastitis – pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan konsultan kesehatan anda. Konsultan kesehatan anda dapat memberikan tips pada anda dan menyediakan nasihat yang sangat bernilai tentang teknik menyusui yang tepat.

Kurangi peluang anda mengalami mastitis dengan menguras habis susu dari payudara anda ketika menyusui. Bolehkan bayi anda untuk menghabiskan susu pada satu payudara sebelum berganti kepada payudara yang lain. Jika bayi anda hanya sebentar atau tidak habis menyusui pada payudara yang kedua, mulai dengan payudara tersebut saat menyusui berikutnya.

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi