You are here: BerandaBeritaInformasi KesehatanPersiapan Puasa

Persiapan Puasa

puasaBeberapa hari kedepan kita insyaAllah akan menjumpai bulan Ramadhan 1433 H. Sebagian umat muslim sungguh sangat merindukan bulan yang penuh barokah ini, baik mereka yang ingin melaksanakan ibadah atau bahkan pula yang memandang bulan Ramadhan dengan kacamata dunia, sehingga mereka hanya memburu kesempatan materi duniawi saja. Namun ada sebagian yang justru seakan keberatan akan hadirnya bulan Ramadhan yang suci dengan berbagai dalih yang antara lain mengkambing hitamkan kesehatan dirinya.
Banyak diantara mereka ketakutan akan terganggunya sakit lambung atau pencernaan, padahal secara medis gangguan kesehatan yang dikarenakan melaksanakan ibadah puasa, boleh dikatakan sangat jarang dan bahkan tidak ditemukan. Bukankah kita sudah mengkaji firman Allah SwT yang artinya "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan (ujian) kepadamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan . . . ." surat Al Baqoroh 155. Jadi rasa takut akan kelaparan merupakan salah satu ujian dari Allah SwT. Padahal sebenarnya yang dimaksud takut akan kelaparan disini merupakan suatu keadaan yang betul betul tidak ada makanan dan sulit untuk mendapatkannya. Berbeda sekali dengan keadaan di bulan suci Ramadhan, yang hanya menahan lapar tidak makan dan minum sekitar 13 jam. Dan setelah itu kita akan menyantap berbagai makanan yang sebelumnya kita siapkan, bahkan begitu banyaknya, sampai kita terganggu melaksanakan ibadah malam.
Pada dekade terakhir ini banyak penyakit yang timbul karena kita kurang atau tidak bisa mengendalikan nafsu untuk menyantap makanan yang kita inginkan, dan bukan makanan yang kita butuhkan. Makanan yang berlebihan, yang akhirnya mengganggu kinerja tubuh kita, bahkan menjadikan kita sakit, sering dijumpai diantara kita. Berat badan yang berlebih, yang diyakini menjadi simbul prestise keberhasilan, tidak sedikit kita temukan. Padahal kita sudah mengkaji firman Allah SwT yang artinya ". . . . makan dan minum janganlah berlebih-lebihan."

Himbauan Publik

Ruang Promosi

Ruang Promosi

Ruang Promosi